6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail Serta Tips Beli Bekasnya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengupas tuntas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail Serta Tips Beli Bekasnya nih. Nissan X-Trail merupakan mobil SUV yang berpenampilan modern, dengan berbagai aspek kenyamanan serta kemewahan. Nissan Indonesia telah merancang Nissan X-Trail sebagai SUV keluarga dengan struktu yang bertipe monocoque (monokok), yaitu bodinya menyatu dengan sasis. Mobil bertipe seperti ini cenderung lebih bagus meredam gaya kejutnya.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail

Yup mas bro, kalau dibandingkan dengan mobil Chevrolet memang mobil Nissan sepertinya akan lebih unggul. Sebab di Indonesia sudah sangat populer. Kompetitor Nissan X-Trail yakni CRV keluaran Honda. Mobil Nissan x-trail sangat populer sebab menyuguhkan kenyamanan berkendara serta termasuk sebagai salah satu mobil SUV terlaris di Indonesia.

Namun hal ini tidak membuat Nissan X-Trail tak mempunyai kelemahan nih mas bro. Nah kini kitaakan membahas tentang Nissan X-Trail keluaran terbaru. Dan berikut ini merupakan tabel 7 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail, yaitu:

No.KelebihanKekurangan
1.Eksterior berkesan tangguhPeredaman kabin kurang bagus
2.Desain Interior berkelasKursi baris ketiga sempit
3.Kabin luasPerawatan mahal
4.Suspensi berkualitasGenerasi pertama boros
5.Mesin mumpuniSuspensi depan cepat rusak
6.Fitur keselamatan cukup lengkapBBM harus yang bagus

Sejarah Nissan X-Trail di Indonesia

Sebelum membahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail lebih mendalam, kita akan lihat dulu kilas balik perjalan Nissan X-Trail di Indonesia di Indonesia mas bro:

Pada 2001, X-Trail pertama kali diperkenalkan Nissan di Indonesia.  X-Trail didatangkan masih dalam bentuk CBU atau diimpor secara utuh dari Jepang yang menjadi pesaing Honda CR-V dengan kode bodi T30.

Pada 2003, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menggelontorkan X-Trail T30 versi rakitan lokal (CKD).  X-Trail T30 versi ini sempat menjadi SUV terlaris dengan rata-rata penjualan 300 unit per bulan, sebab harga yang kompetitif dan menawarkan kenyamanan konsumen. Ada 2 tipe yakni St (Sport touring) dan Xt (Xtra touring).

Pada 2009, NMI menelurkan X-Trail generasi kedua , yaitu T31. Tampilan eksterior masih mirip sama T30, tapi platform nya baru. Ada suspensi multi-link dengan sudut sokbreker membuat daya redamnya lebih optimal. Pada dapur pacunya, X-Trail T31 tersedia dengan 2 pilihan mesin, yaitu 2.000 cc dan 2.500 cc. Mesin juga sudah mengusung teknologi CVTC (Continuous Variable Valve Timing Control) serta ECCS (Electronic Concentrated Engine Control System) dan ini Xtrail menjadi SUV pertama yang pakai CVT di Indonesia.

Pada 2011, NMI adakan penyegaran pada X-Trail T31. Ada gril dan lampu depan yang berubah jadi kelihatan lebih mewah. Bumper depan berubah, ada diffuser hitam serta kisi udara di atasnya. Kaki-kaki juga direvisi, desain pelek model dan ukurannya diganti yang sebelumnya 16 inci menjadi 17 inci dan didesain unik.

6 Kelebihan Nissan X-Trail

Berikut ini merupakan uraian tentang 7 Kelebihan Nissan X-Trail dari 7 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail. Antara lain:

1. Eksterior berkesan tangguh

Kelebihan pertama dari Eksterior Nissan X-Trail generasi terbaru yakni Eksterior berkesan tangguh mas bro. Terlihat dari LED Daytime RUnning Lights yang berbentuk eksotis juga bagian bumper mobil, serta foglamp canggih yang membantu pencahayaan mobil ketika kabut atau hujan.  Ada spion dipadukan dengan lampu sein  serta Lampu stop lamp berwarna krom yang membuat mobil ini terkesan makin menawan.

2. Desain Interior berkelas

Mobil Nissan X-Trail ini juga memiliki keunggulan yakni desain Interior berkelas mas bro. Interiornya didesain sedemikian rupa hingga terkesan mewah. Kursi mobil juga terbuat dari material berkualitas. Ada Layar LCD Touchcreen sebesar 7 inch untuk hiburan dengan koneksi  USB Slot, Bluetooth serta AUXin.

3. Kabin luas

Keistimewaan lain dari Mobil Nissan X-Trail ini yakni Kabinnya luas mas bro. Kabin tersebut mampu menampung hingga  8 orang penumpang. Bagasi mobil ini juga terasa sangat luas kalau kursi yang di baris ketiga dilipat. Sehingga barang bawaan bisa lebih leluasa dibawa.

4. Suspensi berkualitas

Kelebihan lainnya dari Mobil Nissan X-Trail ini yaitu Suspensi yang berkualitas mas bro.  Mobil ini disematkan suspensi MacPherson Strut dengan Stabilizer bar dibagian depan. Lalu di bagian belakang ada suspensi Multi-Link Stabilizer Bar yang berkualitas. Dengan kedua suspensi tersebut, mobil ini semakin terasa nyaman meski melalui jalan terjal dan berlubang sekalipun.

5. Mesin mumpuni

Mobil Nissan X-Trail ini bagian mesinnya mumpuni mas bro. Nissan X-Trail tipe mesin 2.0L menggunakan MR20DD dipadukan dengan 16 katup 4 silinder berteknologi Dual CVTS serta DOHC dengan kapasitas mesin sebesar 1997 cc. Lalu yang tipe 2.5 L mesin yang digunakan sudah dilengkapi dengan teknologi terbaru yaitu DOHC 4 silinder dan 16 katup dengan Dual CVTCS berapasitas 2488 cc. Tentu dengan hal tersebut mobil ini dapat melaju dengan tenaga yang optimal.

6. Fitur keselamatan cukup lengkap

Kelebihan lainnya pada Mobil Nissan X-Trail ini Fitur keselamatan cukup lengkap mas bro.Nissan X-Trail ini ada Dual SRS Airbag berkualitas tinggi dan dibekali sistem pengereman canggih berteknologi EBD, BA dan ABS.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail.
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail.

6 Kekurangan Nissan X-Trail

Berikut ini merupakan uraian tentang 6 Kekurangan Nissan X-Trail dari 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail. Antara lain:

1. Peredaman kabin kurang bagus

Kelemahan pertama dari mobil Nissan X-Trail ini yakni Peredaman kabin kurang bagus mas bro. Sehingga suara yang ditimbulkan dari luar mobil masih terdengar dan kurang kedap suara. Sehingga sedikit mengurangi kenyamanan pengguna.

2. Kursi baris ketiga sempit

Yang sering dikeluhkan oleh pengguna X-Trail ini yakni Kursi baris ketiga sempit mas bro. Saat penumpang duduk di baris ketiga, terasa kurang nyaman akibat terasa sempitnya ruang antara bangku depan dengan bangku belakang.

3. Perawatan mahal

Kekurangan lain dari mobil Nissan X-Trail ini antara lain yakni Perawatannya yang mahal mas bro. Untuk mendapatkan kenyamanan dalam menggunakan mobil ini maka harus siap merogoh kocek yang dalam untuk melakukan perawatan rutin pada X-Trail ini.

4. Generasi pertama boros

Untuk generasi yang awal memang banyak pengguna yang mengeluhkan BBM terasa lebih boros. Hal ini karena peforma mesin yang tangguh. Terutama untuk mobil tipe 2.5.

5. Suspensi depan cepat rusak

Kelemahan lain dari mobil Nissan X-Trail ini yakni suspensi depan tepatnya di bushing member atau bushing arm mudah cepatrusak mas bro. Terutama jika si pengendara mobil ada yang lebih senang mengendarai X-Trail ini dengan kecepatan yang lebih tinggi saat jalanan bergelombang , sehingga kaki kakinya akan cepat alami kerusakan.

6. BBM harus yang bagus

Yang dialami sebagian dari pengguna Nissan X-Trail ini mengisi BBM harus yang bagus mas bro. Jadi minimal mobil ini diisi dengan menggunakan pertamax. Seab kalau premium jalannya gak akan ’nendang’ mesinnya. Saat pakai premium untuk mendapatkan power harus naikin rpm nya dulu yg tinggi. Tapi kalau pakai pertamax, mulai 2500rpm saja sudah responsif meski ditanjakan puncak atau mau nyalip juga enak.

Tips Beli Nissan X-Trail Bekas

Meskipun mobil Nissan X-Trail ini sudah merupakan mobil lama, namun hingga kini penggemar sekennya masih ada loh. Nah, selain membahas tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail di atas, kita juga akan melihat beberapa Tips Beli Nissan X-Trail Bekas nih mas bro.

6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail`
6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail`

Berikut ini bagian mobil yang harus diperhatikan saat akan membeli Nissan X-Trail bekas, antara lain:

Transmisi : Perawatan pada transmisi CVT merupakan hal yang sangat penting . Karena transmisi jenis ini ada pelumas khususnya. Maka sebelum membeli bekasnya, mobil X-trail ini harus dipastikan dulu lewat buku servisnya, pelumasnya selalu diganti dengan spesifikasi yang pas atau tidak. Atau bisa juga langsung dilakukan tes drive untuk merasakan kalau-kalau ada hentakan yang tidak seharusnya muncul saat tuas dipindah posisinya.

AC: X-Trail telah dilengkapi filter AC. Sebelum membawa pulang Nissan X-Trail seken ini, pastikan terlebih dahulu kondisi AC pada mobil tersebut. Apakah masih bekerja optimal saat diaktifkan atau tidak. Ketika filter kotor, hembusan AC  biasanya akan terasa kurang dingin. Ya meskipun biaya ganti filter tidak terlalu mahal.

Oli Mesin: Yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah oli mesin dan cek oil filter. Perlu di cek terleih dahulu apakah tidak ada rembesan oli dimesin. Dan jika mobil dalam kondisi aik-baik saja maka yang harus dilakukan adalah setiap 10.000 km harus lakukan servis di dealer resmi untuk mencegah kebocoran atau masalah lainnya.

Untuk selebihnya, perhatikan juga  brake fluid, balancing, spooring juga air aki. Lalu periksa bagian bodi, apakah pernah alami kecelakaan dan lihat dari berbagai sisi agar bisa diketahui again yang lecet atau tidaknya .

Demikianlah ulasan tentang 6 Kelebihan Dan Kekurangan Nissan X-Trail Serta Tips Beli Bekasnya ini. Semoga bermanfaat bro.

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: