5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton Serta Tips Beli Bekasnya

Bonsaibiker.com – Mas bro sekalian, kali ini kita akan mengulik tentang 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton Serta Tips Beli Bekasnya nih. Setelah adanya insiden sebuah mobil Triton terjatuh ke sungai beberapa minggu lalu, rasanya bikin penasaran dan kita coba cari tahu tentang keistimewaan serta kekurangan dari Mitsubishi Triton ini. Mitsubishi Motors memang sudah sejak lama dikenal sebagai produsen kendaraan tangguh yang dapat melibas aneka medan berat, dan salah satu kendaraan tersebut yakni pikap double kabin bernama Mitsubishi Triton.

5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton
5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton

5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton

Yup mas bro, Mitsubishi Triton pertama kali diperkenalkan pada tahun 2002. Kendaraan ini sudah mengalami banyak pengembangan. Mobil small pick-up 4X4 ini hadir di Indonesia tuk memenuhi kebutuhan konsumen. Mitsubishi L200 Strada merupakan generasi pertama dari Mitsubishi Triton yang dihadirkan di Indonesia. Bentuk Mitsubishi Strada L200 ini hadir dengan double cabin. Kini pun kita akan membahas keleihan dan kekurangan dari Mitsuishi keluaran terbaru. Tentu Mitsubishi Triton memiliki keistimewaan dan kekurangan tersendiri bagi konsumennya. Dan berikut ini merupakan tabel 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton keluaran terbaru, antara lain:

No.KelebihanKekurangan
1.Desain eksterior sporty dan modernKualitas bodi belum merata antara varian terbawah dan tertinggi
2.Performa mesin tangguhKabin sempit
3.Fitur cukup lengkapHanya ada varian diesel
4.Suspensi empukHarga beli dirasa masih terlalu tinggi
5.Harga jual kembalinya dirasa stabilHarga sparepart dan biaya perawatannya mahal
5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton.
5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton.

Sejarah Mitsubishi Triton Di Indonesia

Sebelum kita membahas lebih lanjut tentang 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton keluaran terbaru, kita akan lihat dulu sedikit kilas balik dari Triton di Indonesia nih mas bro.

Pada 2002 Mitsubishi Multistrada L200 hadir di Indonesia sebagai generasi pertama Triton. Mitsubishi Strada L200 memiliki bentuk dobel kabin. Sebagai kendaraan pikap yang tangguh, Mitsubishi Strada L200 disematkan mesin 4D56 2.5 L dengan teknologi intercooler yang dapat menghasilkan sampai 100 hp dengan torsi 245 Nm, didukung transmisi 5 speed manual dan 4 speed otomatis.

Pada 2008 Mitsubishi Strada Triton hadir sebagai generasi kedua dengan perubahan total. Pada sektor mesin ada peningkatan pada varian GLS dan Exceed memakai mesin 4D56 2.500.cc berteknologi DOHC Turbodiesel Intercooler dan DI-D Commonrail. Lalu varian GLX disematkan mesin 4M40 berkapasitas 2.800 cc.

Pada awal 2010, Strada Triton alami minor facelift dan penambahan tipe baru yakni GLS AB Double Cabin serta ada tambahan Airbag juga Rem ABS, serta dikenalkanlah fitur modern Easy Select 4WD.

Pada 2014, MMKSI hadirkan generasi terbaru Mitsubishi Strada Triton Hi-Power bermesin diesel dengan Variable Geometry Turbo (VGT). Pada generasi terbaru ini tampilan eksterior dan interior mewah. Mitsubishi Strada Triton VGT Hi-Power disematkan transmisi INVECS II 5-speed AT with Sport Mode yang membuat perpindahan kecepatan lebih halus. Kendaraan Doubel Kabin ini juga disematkan dengan Easy Select 4WD Shift-on-fly.

Pada 2015, Mitsubishi Triton sebagai generasi barupun diluncurkan dengan tagline “Sport Utility Double Cabin” dalam 4 konsep yakni  Modern, Fungsional, Handal juga Nyaman. Desain baknya lebih besar dibandingkan yang sebelumnya. Mesin Triton ini masih pakai mesin 4D56 2.5 liter 4-silinder DI-D Commonrail dengan Turbocharger VGT. Namun ada peningkatan pada torsi nya dibanding dengan sebelumnya yang berada di angka 35.7 kgm pada 1800 – 3500 rpm. Juga terdapat fitur keamanan canggih, seperti SRS Airbag, collapse steering column, immobilizer, ABS – EBD serta sasis dilengkapi Reinforced Impact Evolution.

Pada 2018, di gelaran IIMS hadir varian baru yakni Mitsubishi Triton Athlete yang menyasar pada pehobi offroad. Triton Athlete tampilan eksterior dan interior yang lebih sporty juga stylish dan tangguh buat berpetualang. Ada keyless operation system, push start button juga leather seat material + power seat dipadu aksen hitam dan oranye diinteriornya.

Pada 2019 hadir Mitsubishi New Triton sebagai penyegaran terbaru Triton dipasarkan di pameran GIIAS 2019. Tampilannya lebih segar dengan desain khas Dynamic Shield dari Mitsubishi Motors dan juga bermesin baru. Yakni mesin berkode 4N15 serupa dengan punya Pajero Sport. Kapasitas mesinnya 2.400 cc, 4 silinder, turbocharger.

5 Kelebihan Mitsubishi Triton

Berikut ini merupakan uraian tentang 5 Kelebihan Mitsubishi Triton dari 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton keluaran terbaru, antara lain:

1. Desain eksterior sporty dan modern

Kelebihan pertama dari Mitsubishi Triton terbaru ini yg pertama yakni Desain eksterior sporty dan modern nih mas bro. Desain grille depan telah mengusung warna baru, ada pelindung mesin yang dirancang ketebalannya mencapai 2 mm. Lalu penggunaan headlamp sudah memakai new HID projector lengkap dengan Day Running Light. Ada bagian side step / pijakan samping yang akan lebih mempermudah pengguna ketika akan masuk atau naik ke mobil. Lalu desain lampu belakang mobil mitsubishi telah dirancang baru juga.

2. Performa mesin tangguh

Keistimewaan selanjutnya dari Mitsubishi Triton terbaru yakni Performa mesin tangguh nih mas bro. Mesin yang disematkan pada mobil ini berkapasitas 2.5L 4 silinder turbocharger, dan kemampuan daya maksimalnya yakni 110 PS hingga 178 PS dan torsi maksimal mencapai 200 Nm hingga 400 Nm. Maka performa mesin mitsubishi triton ini bakal tangguh menghadapi perjalanan dengan cepat disegala medan.

3. Fitur cukup lengkap

Fitur-fitur pada Mitsubishi Triton ini juga cukup lengkap mas bro. Mulai dari fitur pada bagian kabin yang dilengkapi fitur Air Conditioner, lalu ada audio dan entertainment menggunakan 2DIN berukuran 6.5 inci yang terhubung dengan kamera belakang serta bisa digunakan untuk navigasi. Lalu sistem audio itu juga terhubung dengan fitur audio switch di bagian kemudi. Sehingga pengemudi bisa lebih mudah mengatur keluaran audio.

Selain itu fitur keselamatan dan keamanannya juga cukup lengkap. Ada fitur dual SRS airbags, sistem pengereman ABS dan EBD, ada fitur immobilizer key serta ada fitur RISE atau Reinfoced Impact Safety Evolution.

4. Suspensi empuk

Keistimewaan Mitsubishi Triton selanjutnya yakni Suspensi empuk nih mas bro. Suspensi dari Triton ini sangat empuk saat menghadapi bantingan akibat terjangan jalan tidak rata dan mampu meredam dengan sempurna. Tidak ada bunyi, serta rasa bantingannya cukup empuk meskipun melaju di medan ekstrem sekalipun.

5. Harga jual kembalinya dirasa stabil

Kelebihan lainnya dari Mitsubishi Triton ini yakni Harga jual kembalinya dirasa stabil nih mas bro. Saat konsumen memiliki mobil ini, pasti merasa tidak hawatir sebab ketika akan menjualnya kembali, harga Triton ini cenderung lebih stabil.

5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton`
5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton`

5 Kekurangan Mitsubishi Triton

Berikut ini merupakan uraian tentang 5 Kekurangan Mitsubishi Triton dari 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton keluaran terbaru, antara lain:

1. Kualitas bodi belum merata antara varian terbawah dan tertinggi

Kelemahan pertama dari Mitsubishi Triton keluaran terbarunya ini yakni kualitas bodi belum merata antara varian terbawah dan tertinggi nih mas bro. Varian pada trim terbawah terasa kurang mewah dan lebih murah kualitasnya. Terlihat menggunakan bahan plastik berwarna doff. Namun untuk varian teratasnya Triton ini sudah menggunakan bumper fiber yang dicat warna senada dengan bodi.

2. Kabin sempit

Selanjutanya, Kabin pada mobil Mitsubishi Triton terbaru ini juga dirasa masih terasa sempit kalau dibandingkan dengan kompetitornya seperti yang mempunyai ukuran kabin jauh lebih lega.

3. Hanya ada varian diesel

Pada mobil Mitsubishi Triton terbaru ini juga Hanya ada varian diesel nih mas bro. Dan hal ini menjadi salah satu kekurangan Triton. Vrian mesinnya tidak ada varian mesin gasoline. Semua varian mesin yang disematkan pada mobil Triton ini hanya ada varian diesel.

4. Harga beli dirasa masih terlalu tinggi

Kekurangan Mitsubishi Triton yang lainnya yakni harga beli dirasa masih terlalu tingg mas bro. Sedangkan kalaui dibandingkan dengan kompetitornya harga mereka masih dibawah Triton ini.

5. Harga sparepart dan biaya perawatannya mahal

Kelemahannya yang terakhir dari Mitsubishi Triton ini yakni Harga sparepart dan biaya perawatannya mahal mas bro. Tentu hal ini sering menjadi pertimbangan konsumen saat ingin memiliki Triton ini.

Tips Beli Mitsubishi Triton Bekas

Saat seseorang menggemari suatu kendaraan namun isi dompet tidak mendukung, maka hal yang tepat adalah membeli yang bekasnya saja nih mas bro. Sebab, kendaraan seken juga akan membuat konsumen lebih untung karena dengan harga yang tentunya lebih murah dibanding yang baru. Apalagi meskipun udah berumur, Triton bekas dapat dibilang minim keluhan bro. Tapi ya tetap saja, ada beberapa jal yang harus diperhatikan juga bagi konsumen yang mau membeli Mitsubishi Triton Bekas ini. Perlu pengecekan lebih teliti demi mendapatkan mobil agar lebih puas saat memiliki mobil yang dibelinya tersebut.

5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton,
5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton,

Seperti dilansir dalam GridOto.com, pemilik bengkel spesialis Mitsubishi, yakni Kirsono dari Berlian Maju Motor memberikan beberapa tipsnya nih mas bro. Berikut ini beberapa tips saat akan membeli Mitsubishi Triton bekas, antara lain:

  • Pertama yang harus diperhatikan yakni suara mesin dan asap knalpot

Triton double cabin kebanyakan yang 2.500 cc sudah menggunakan turbo mirip dengan Pajero Sport. Kalau mesin yang mudah perawatannya yaitu yang 2.800 cc. Sebab dia masih konvensional bukan common rail seperti yang 2.500 cc.

  • Ketahui daerah asal Triton tersebut.

Kalau kondisi mesinnya sudah bagus, selanjutnya yakni lihat daerah asal mobil tersebut. Terutama kalau pada Triton bekas dari daerah pertambangan, biasanya sering bermasalah di bagian kaki-kakinya.

5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton'.
5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton’.
  • Cek fisik sokbreker

Selanjutnya yakni harus tesdrive agar tau kalau bantingannya masih baik. Jadi cek fisik sokbrekernya, ada kebocoran atau tidak sebab yang sering bermasalah itu ball join dan sokbreker, kalau yang di pertambangan dalam setahun sekali pasti sudah kena.

Demikianlah info tentang 5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton Serta Tips Beli Bekasnya ini. Semoga bermanfaat.

One thought on “5 Kelebihan Dan Kekurangan Mitsubishi Triton Serta Tips Beli Bekasnya

  • 2 Maret 2021 pada 13:36
    Permalink

    kekurangan yg paling utama buat saya , mobil ini harus KIR tiap 6 bulan, dan wujud fisik stiker KIR itu sangat mengganggu,

    Balas

Monggo Tinggalkan Komen Sini Gan, Isian Kolom 3 Pake http://www.... Bila Susah Kosongin

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: